Tuesday, March 19, 2024

Menu Diet Sambil Berpuasa Sehat Untuk Ibu Hamil

 Penulis: Dhona Maria Ananda

Menu diet bumil saat puasa
zonadona.com


Tidak terasa bulan puasa tepah kembali menyapa, Zoners. Daaan...banyak yang harus dipersiapkan saat berpuasa sebulan penuh, termasuk menu diet agar tetap sehat dan bugar. 

Begitupun dengan ibu hamil, menyiapkan beragam menu diet adalah wajib agar kebutuhan nutrisi ibu dan janin tetap terpenuhi meski sedang berpuasa.


Berikut merupakan menu diet berpuasa yang sehat untuk ibu hamil:


👉 Menu sahur

Sahur adalah bagian terpenting untuk ibu hamil dalam mengawali hari berpuasa. Namun kebutuhan nutrisi janin harus tetap terpenuhi dengan baik. Makanan yang mengandung energi tinggi, khususnya karbohidrat, serat, dan protein adalah menu wajib yang harus ada saat makan sahur. 


🌼 Berikut contoh menu diet untuk sahur:

Sumber energi: beras merah, oat, dan berbagai macam produk biji-bijian.

Sumber protein: Susu, telur, dan berbagai macam kacang-kacangan.

Sumber serat: Buah-buahan segar atau buah kering.


👉 Menu Berbuka

Agar tubuh dapat lebih cepat berenergi, ibu hamil sangat dianjurkan untuk berbuka dengan makanan yang kaya akan gula. Pilihlah buah segar atau buah kering terlebih dahulu. Buah kurma atau segelas susu juga merupakan salah satu menu diet ibu hamil yang dianjurkan saat berbuka puasa.


🌼 Berikut merupakan contoh menu diet untuk berbuka puasa:

Makanan pokok yang direkomendasikan: 

Berbagai jenis makanan yang di panggang, seperti ayam panggang, daging sapi panggang, dan lain sebagainya. Hindari makanan yang digoreng.


Makanan manis yang direkomendasikan:

Makanan berbahan dasar susu, buah-buahan segar, buah kering. Hindari makanan yang mengandung kadar gula tinggi seperti kue atau biskuit.


Minuman yang direkomendasikan:

Air putih, jus segar tanpa gula, dan air susu. Hindari minuman bersoda atau miniman yang mengandung kafein seperti teh atau kopi. 


Selamat berpuasa, Bumil 🥰




#menudietibuhamiluntukpuasa

#menudietibuhamiluntukberpuasa

#perawatan hamil

No comments:

Post a Comment

Wanita Dengan Jadwal Kerja Malam Susah Hamil?

  Penulis: Dhona Maria Ananda Zonadona.com Kesuburan merupakan salah satu faktor yang menjadikan peluang kehamilan seorang wanita semakin ti...