Thursday, March 7, 2024

Apakah Sikap Tidak Pernah Marah itu Wajar?

 Penulis: Dhona Maria Ananda

Apakah orang tidak pernah marah itu baik
Zonadona.com


Marah merupakan salah satu cara untuk meluapkan emosi jiwa karena sesuatu hal yang membuat kecewa, kesal, atau tersinggung.

Namun, beberapa orang berpendapat bahwa marah merupakan hal yang sebaiknya tidak diungkapkan atau diumbar. Betul, Zoners??? 🫣

Lebih baik memendam perasaan sendiri daripada dicap sebagai orang pemarah. Lantas, apakah orang yang tidak pernah marah itu baik??? 🤔


👉 Marah merupakan perilaku manusiawi yang bisa terjadi pada siapa saja. Tidak bisa mengungkapkan atau mengekspresikan marah justru menjadi kelainan yang tidak normal.

Pengenalan emosi dan ekspresi semenjak kecil sangat bermanfaat untuk membentuk manusia menjadi lebih peka dan mudah untuk mengekspresikan diri.

Termasuk ketika marah, tentunya dengan sewajarnya dan tidak melukai orang lain.


👉 Marah merupakan proses dari pendewasaan seseorang. Dengan marah manusia belajar untuk mencari solusi dari apa yang menyebabkannya marah.

Selalu ada alasan atau faktor yang memicu kemarahan dan selalu ada jalan untuk meluapkannya secara positif tanpa merugikan orang lain. 

Contohnya: meluapkannya dalam bentuk tulisan atau melakukan berbagai macam gerakan olahraga agar hati sedikit lega.


👉 Apakah orang yang tidak pernah marah itu baik??? Jawabannya: Sangat baik! Jika memang sesuai pada tempatnya.

Memiliki sifat legowo pada kesempatan yang tepat adalah baik, tapi bila dilakukan terus menerus akan rawan dimanfaatkan oleh orang lain.

Memahami batasan kapan sesuatu bisa ditolerir atau diluapkan sebagai amarah tidak hanya akan menyelamatkan diri sendiri, tapi juga orang lain.

Oleh karena itu, marahlah jika harus marah, Zoners! Karena marah pada tempatnya juga merupakan bentuk penghargaan terhadap diri sendiri. 





#mentalhealth #storyandquotes #apakahorangyangtidakpernahmarahitubaik #angermanagement #marah 

No comments:

Post a Comment

Wanita Dengan Jadwal Kerja Malam Susah Hamil?

  Penulis: Dhona Maria Ananda Zonadona.com Kesuburan merupakan salah satu faktor yang menjadikan peluang kehamilan seorang wanita semakin ti...