Wednesday, May 1, 2024

Benarkah Sering Buang Air Kecil tanda Kehamilan?

Penulis: Dhona Maria Ananda

Apakah sering buang air kecil merupakan tanda kehamilan
Zonadona.com


Buang air kecil merupakan kebutuhan biologis manusia sehari-hari. Setuju, Zoners??? 🙂

Hal tersebut dilakukan tubuh secara alami untuk membuang toksin dan zat-zat berbahaya yang harus dikeluarkan dari tubuh melalui urine.

Untuk yang sedang dalam penantian menunggu buah hati, buang air kecil juga kerap kali dihubungkan dengan pertanda kehamilan.

Namun, apakah benar sering buang air kecil merupakan salah satu tanda kehamilan??? 🤔


👉 Dilansir dari Women's College Hospital di Toronto, bahwa mual di pagi hari, kelelahan, juga sering buang air kecil merupakan tanda umum kehamilan sejak dini.

Namun, dikutip dari Today's Parent, seringnya buang air kecil tidak bisa menjadi satu-satunya patokan. 

Tanda kehamilan harus juga disertai dengan berbagai tanda lainnya, seperti kelelahan, nyeri payudara, dan tidak menstruasi.


👉 Buang air kecil dapat menjadi tanda kehamilan dikarenakan adanya perubahan hormon tertentu yang merangsang ginjal untuk berkembang.

Selain itu, hormon tersebut juga merangsang ginjal untuk mengeluarkan urine lebih banyak yang membantu tubuh membuang limbah ekstra lebih cepat.


👉 Sebelum haid, produksi estrogen mengalami peningkatan sehingga tubuh meresponnya dengan melakukan penyimpanan air yang banyak.

Penyimpanan air yang banyak tersebut nantinya akan berperan menjadi bantalan, sebagai tanda tubuh bersiap-siap untuk proses kehamilan.

Penyimpanan air ini juga akan membuat berat badan menjadi bertambah. 

Biasanya wanita yang hamil dengan usia 3 hari sampai satu minggu dapat mengalami penurunan suhu badan sejenak sehingga menyebabkan ingin BAK.


👉 So...sering buang air kecil memang bisa menjadi pertanda awal kehamilan, tapi harus disertai tanda-tanda lainnya, Zoners 😉






#howtogetpregnant #womenshealth #apakahseringbuangairkecilpertandahamil #tandakehamilan #hamilsehat #buangairkecil

No comments:

Post a Comment

Wanita Dengan Jadwal Kerja Malam Susah Hamil?

  Penulis: Dhona Maria Ananda Zonadona.com Kesuburan merupakan salah satu faktor yang menjadikan peluang kehamilan seorang wanita semakin ti...