Sunday, May 26, 2024

Wanita Dengan Jadwal Kerja Malam Susah Hamil?

 Penulis: Dhona Maria Ananda

Benarkah wanita dengan jam kerja malam susah hamil
Zonadona.com


Kesuburan merupakan salah satu faktor yang menjadikan peluang kehamilan seorang wanita semakin tinggi. Setuju, Zoners??? 🙂

Daaaan...ada banyak faktor yang mempengaruhi kesuburan wanita, seperti genetik, lingkungan, gaya hidup, bahkan hingga rutinitas kerja.

Terkait dengan rutinitas kerja, terkadang ada beberapa jenis pekerjaan yang mengharuskan wanita bekerja pada malam hari.


Lantas, benarkah wanita dengan jadwal kerja malam susah hamil??? 🤔


👉 Dikutip dari Medicine Net, sebuah penelitian menyatakan bahwa wanita yang bekerja pada malam hari akan susah atau memiliki peluang kecil untuk hamil.

Hal tersebut terjadi karena pada wanita yang bekerja pada malam hari memiliki jumlah sel telur matang yang lebih sedikit dibandingkan yang siang.

Jika sel telur matang jumlahnya sedikit maka peluang kehamilan akan semakin menurun.


👉 Penelitian dilakukan oleh Harvard University kepada 500 wanita yang sedang menjalani perawatan kesuburan in vitro fertilization (IVF) di Massachusetts General Hospital.

Salah satu tahapan prosedur itu adalah menstimulasi indung telur untuk mendapatkan telur.

Hasilnya, jumlah sel telur yang diproduksi oleh wanita yang bekerja pada malam hari lebih sedikit dibandingkan pada siang hari.

Hal tersebut terjadi karena bekerja pada malam hari dapat mengganggu siklus sirkadian atau jam biologis wanita.

Jika jam biologis wanita terganggu maka produksi hormon dan siklus menstruasi akan ikut merasakan dampaknya.


👉 Peneliti dari University College London, mengatakan bahwa manusia pada dasarnya menyukai cahaya. 

Hormon serotonin yang membangkitkan mood akan meningkat di otak ketika cahaya matahari mengenai retina mata.

Oleh karena itu, wanita yang harus menjalani jam kerja malam biasanya akan rentan terhadap masalah kesehatan, seperti hipertensi dan infertilitas.


So...apakah wanita dengan jadwal kerja malam susah hamil??? Jawabannya iya. Segera konsultasikan dengan dokter untuk penanganan yang tepat, Zoners 😉





#howtogetpregnant #kehamilansehat #wanitadenganjamkerjamalamsusahhamil #pregnancyandparenting #isithardertogetpregnantwhenworkingnightshift#kerjalembur #kesuburan



No comments:

Post a Comment

Wanita Dengan Jadwal Kerja Malam Susah Hamil?

  Penulis: Dhona Maria Ananda Zonadona.com Kesuburan merupakan salah satu faktor yang menjadikan peluang kehamilan seorang wanita semakin ti...